gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen

Hasan | Lain lain √

Listrik statis

Apa yang di maksud dengan listrik statis? Sebelum  kita membahasnya lebih jauh, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

gallery/comb1s
gallery/thndr2

Ketika menyisir rambut, terkadang kita melihat rambut  berdiri atau terbawa sendiri oleh sisir.

 

Ketika di sekolah kita pernah melakukan percobaan menggunakan penggaris plastik yang digosok-gosokanan pada rambut kering, lalu di dekatkan pada sobekan – sobekan kertas kecil dan kertas-kertas tersebut akan tertarik oleh penggaris bahkan ada yang menempel.

 

Di musim hujan kita pasti melihat petir yang menyambar-nyambar menyerupai cemeti api dan di sertai suara yang menggelegar.

 

Jika tinggal di negara bermusim dingin, ketika melepas baju atau jacket kita akan mendengar suara gemeretak  dari pakaian. Dan ketika bersentuhan dengan benda-benda tertentu kita akan di kejutkan oleh loncatan api kecil yang di sertai sengatan listrik ke jari kita.

 

Lau kenapa hal itu bisa terjadi? Hal-hal tersebut  merupakan gejala kelistrikan yang disebut dengan listrik statis. Listrik statis adalah listrik yang  tidak mengalir  dan terjadi karena ketidak seimbangan muatan listrik pada suatu benda.  Jadi bila ada pertemuan antara dua benda yang muatan listriknya berbeda maka akan timbul listrik statis.  Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan singkat tentang proses terjadinya listrik statis.

Terjadinya listrik statis

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap benda terdiri dari partikel yang di sebut atom. Pada atom terdapat inti atom yang tersusun dari proton dan neutron yang di kelilingi oleh elektron. Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif, sementara neutron tidak bermuatan (netral).  Atom yang netral memiliki jumlah proton yang sama dengan jumlah elektronnya.

gallery/atom1s

Elektron-elektron yang mengelilingi inti atom ini bisa saja berpindah ke atom lain sehinggan atom jadi kekurangan elektron dan kelebihan proton. Dengan demikian atom tersebut jadi bermuatan positif sementara atom yang kelebihan elektron jadi bermuatan negatif.  Jika kedua benda dengan muatan yang berbeda di dekatkan maka akan terjadi gaya tarik-menarik. Sebaliknya benda yang bermuatan sama bila di dekatkan akan tolak menolak.

 

Jika dua benda dengan bahan berbeda saling  bergesekan, maka sejumlah elektron akan berpindah dari benda satu ke benda lainnya.

Saat kita menyisir rambut, tanpa di sadari kita telahmenggosok sisir dengan rambut kering.Elektron dari rambut  akan pindah ke sisir sehingga sisir menjadi kelebihan elektron dan sisir jadi bermuatan negatif. Sedangkan rambut jadi kekurangan elektron  dan jadi bermuatan positif.

 

Di musim dingin kulit kita akan menjadi sangat kering. Ketika kita berjalan atau melakukan gerakan lainnya maka akan terjadi gesekan antara kulit dengan pakaian yang kita pakai dan hal itulah yang  menyebabkan terjadinya perpindahan elektron-elektron yang akan menimbulkan gejala listrik statis.

 

Petir juga termasuk listrik statis, kilatan seperti cemeti api yang kita lihat merupakan loncatan elektron dalam jumlah besar sehingga menimbulkan suara yang menggelegar dan sangat berbahaya.

 

Listrik statis juga bisa merusak perangkat elektronika. Sebab itulah kalau kita membeli perangkat-perangkat seperti motherboard, hard disk, memory, dsb perangkat-perangkat itu biasanya di bungkus dengan kantong antistatis supaya terlindung dari gejala terjadinya listrik statis.

gallery/bag2s
gallery/bag1s

Demikian uraian singkat tentang listrik statis. Semoga bisa menambah pengetahuan. Terima kasih.