gallery/new logo
gallery/lebaran anak
gallery/hs

Hasan | Peralatan & Tutorial √

BELAJAR PONSEL

Pelajaran dasar ponsel dan cara mengatasi masalah-masalah umum pada ponsel

BAB-1 
Mengenal ponsel

Ponsel, HP, atau telepon genggam, adalah perangkat elektronik portabel yang di gunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon. Fungsi dasar  ponsel  sebenarnya sama seperti telepon rumah yaitu menerima dan melakukan panggilan.  Bedanya, telepon rumah menggunakan kabel untuk di hubungkan ke jaringan telepon sedangkan telepon genggam tidak memerlukan kabel  karena di hubungkan melalui frekuensi radio saat pengguna berada di dalam area layanannya. Frekuensi radio membuat koneksi ke sistem dari operator  yang menyediakan akses ke jaringan telepon umum . Di Indonesia kita mengenal dua system jaringan  telepon yaitu GSM (Global System Mobile) dan CDMA (Code Division Multiple Access). 

gallery/phone-works

Gambar di atas menunjukkan bahwa ketika kita menelfon, suara kita di ambil oleh mikrofon ponsel . Kemudian di rubah menjadi sinyal digital untuk selanjutnya di proses oleh ponsel dan di pancarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik akan di terima oleh menara sel atau tower terdekat. Dari menara tersebut sinyal di proses lagi dan di teruskan ke menara tujuan. Menara tujuan inilah yang memancarkan gelombang  elektromagnetik ke ponsel teman kita, sehingga dia bisa menerima panggilan dari kita.

 

Jadi, fungsi utama dari sebuah ponsel atau HP ialah menerima dan melakukan panggilan telepon. Walaupun sekarang  ponsel sudah di dukung oleh berbagai layanan lain, seperti pesan teks, MMS, email, akses Internet, Bluetooth, kamera, dan banyak lagi firur yang lain. Bisa di katakan bahwa ponsel sekarang sudah tidak jauh beda dengan komputer sehingga ponsel yang memiliki kemampuan komputasi yang sangat canggih disebut dengan ponsel pintar (smartphone).

gallery/old-phs
gallery/smart-phs
Komponen-komponen ponsel

Sebelum kita belajar  memperbaiki ponsel, perlu kita kenali dulu bagian-bagian dan komponen-komponen di dalamnya. Berikut ini adalah contoh beberapa komponen ponsel beserta fungsinya.

gallery/lcd-1s

LCD (Liquid crystal display)  berfungsi untuk menampilkan  kegiatan yang kita lakukan pada hp. Tanpa layar, ponsel masih bisa berfungsi tapi kita tidak tahu pasti apa yang telah kita lakukan pada ponsel kita. Contohnya ketika kita menekan beberapa nomor misalnya,  dengan adanya layar kita bisa melihat tampilan momor yang telah kita tekan.

gallery/keypad thmnl1s

Keypad adalah komponen yang berfungsi untuk memberikan perintah-perintah kepada CPU. Kemudian diproses dan diteruskan ke komponen-komponen lain agar ponsel bisa bekerja sesuai dengan perintah dari keypad tadi. Keypad berupa serangkaian tombol yang berisikan angka, simbol, dan huruf  ditempatkan secara teratur. Keypad ponsel terdiri dari tombol dan plat-plat  tipis berbentuk cembung yang akan menghubungkan jalur pada PCB ketika kita menekannya. Plat-plat tadi biasa di sebut dome keypad.

gallery/cam-1s

Kamera pada ponsel berfungsi untuk mengambil gambar baik gambar bergerak (Video) maupun gambar diam ( Photo). Ponsel jaman sekarang memiliki kamera yang canggih dan mampu mengambil gambar dengan resolusi tinggi sampai belasan mega pixel.  

gallery/buzzers

Speaker adalah komponen yang berfungsi mengubah sinyal audio menjadi suara.  Speaker pada ponsel, apakah sama seperti speaker-speaker biasa pada peralatan elektronik lain seperti TV, Radio, Sound system, dsb? speaker pada ponsel tidak jauh beda dengan speaker-speaker pada umumnya. Cara kerjanya pun sama yaitu...

gallery/mics

Mic  atau Microphone adalah alat yang mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Pada ponsel, mic berfungsi untuk menangkap suara kita ketika kita berbicara untuk di proses dan di kirim ke lawan bicara kita pada saat menelpon. Mic pada ponsel biasanya di tempatkan di bagian bawah sehingga dekat dengan mulut pembicara. Mic mempunyai bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Mic pada ponsel menggunakan Mic kondensor karena ukurannya kecil dan kepekaannya yang tinggi.

gallery/ants

Antena adalah alat  yang dapat mengirim dan menerima sinyal-sinyal. Alat ini mengubah sinyal listrik menjadi gelombang elektromagnetik dan memancarkannya.  Juga sebaliknya. Komponen  ini sangat penting  dan selalu ada dalam  perangkat-perangkat  elektronik  yang behubungan dengan frekuensi  radio ataupun gelombang  elektromagnetik. Pada ponsel, alat inilah yang memancarkan sinyal ke tower dan sebaliknya, alat ini juga yang menerima sinyal dari tower.

gallery/ant-swtch

Antena Switch, komponen ini merupakan saklar antena ponsel yang berfungsi sebagai duplixer atau pemisah jalur pada saat transmit (mengirim)  dan receive (menerima) juga pemisah frekuensi 900/1800 Mhz agar frekuensi tersebut tidak bentrok. Bila komponen ini rusak maka akan bermasalah pada sinyal.

gallery/pa

IC PA (Power Amplifier)  sebagai penguat akhir sinyal. Memperkuat sinyal pengirim data sehingga ponsel dapat tehubung ke operator. Saat melakukan panggilan PA akan memancarkan sinyal  ke tower  terdekat. Bila PA rusak, akan muncul masalah-masalah seperti : tidak ada sinyal, Sinyal muncul kemudian hilang, tidak bisa transmit, dsb. Bila PA aus, maka akan terjadi panas berlebih dan boros battery. Bahkanbila short bisa mati total.

gallery/rf

IC RF merupakan prosesor sinyal yang memproses atau mengolah sinyal. Di dalamnya terdapat banyak bagian-bagian seperti  IF, Osilator, Mixer,Detektor, Enkoder, Dekoder, dan banyak lagi, sehingga IC RF ini bisa mengolah sinyal, mencampur, merubah frekuensi, dsb.  IC RF merupakan pusat pengendali  sinyal RX dan TX . Bila IC ini rusak maka ponsel akan mengalami masalah seperti: Tidak ada jaringan, Mencari jaringan, Keluar salah satu jaringan, Restart, bahkan bisa Mati Total (Matot).

gallery/cpu

CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari ponsel. CPU inilah yang mengatur segala kegiatan system ponsel. CPU yang menerima perintah dari pengguna seperti  input yang dimasukkan dari keypad dan kemudian memproses perintah tersebut . CPU jugalah yang member perintah-perintah pada IC atau bagian-bagian lain sehingga mereka bekerja sesuai tugasnya masing-masing. CPU ini merupakan pusat pengendali seluruh kegiatan ponsel.  Bila CPU bermasalah maka bisa jadi ponsel tidak dapat di gunakan karena perangkat-perangkat di dalamnya tidah menerima perintah apa-apa Masalah lain bisa terjadi seperti : Hang, Blank, Lemot, atau mati total.

gallery/flash

IC Flash berfungsi sebagai tempat  software sistem operasi. Bberisi data software ponsel. Data-data yang disimpan seperti type ponsel, versi, konten menu, paket bahasa, nada dering, dsb. Penyimpanan data ini tidak permanen sehingga dapat di ubah (di upgrade/ downgrade) melalui  program software yang tersedia. IC ini bekerja mirip hard disk komputer.Bila rusak maka ponsel akan mengalami masalah seperti  Restart,  hang, Tiba-tiba hp mati, Salah satu /beberapa data hilang  dari menu,dsb bahkan bisa mati total.

gallery/ram

IC RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. IC ini bekerja tergantung pada arus listrik yang terdapat dalamnya. Ketika ponsel dimatikan, arus akan hilang dan data yang terdapat dalam IC tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Komponen ini sangat erat hubungannya dengan aktifitas CPU. Bisa di bilang  komponen ini adalah pembantu CPU karena semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik kinerja  CPU. Jadi bila IC RAM ini rusak maka CPU tidak akanbisa bekerja.

gallery/power

IC Power berfungsi untuk mensuplai dan membagikan tegangan pada tiap-tiap komponen yang memerlukannya. IC ini yang mengatur atau menyesuaikan tegangan baterai sehingga sesuai dengan kebutuhan tiap komponen. Bila IC power ini rusak kemungkinan besar ponsel akan mati. Tapi jika terjadi masalah lain misalnya corrupt atau putus jalur, maka masalah yang timbul akan beragam tergantung dari jalur mana yang putus. Bila putus di jalur bagian SIM, maka ponsel akan mengalami “ Insert SIM”.  Jika putus di jalur RF, maka ponsel akan mengalami masalah sinyal. Begitu juga dengan bagian-bagian lain akan bermasalah jika tidak mendapat suplai tegangan dari IC Power.

gallery/audio

IC Audio inilah yang mengolah atau memproses gelombang suara (Audio). IC ini mempunyai tugas seperti merubah sinyal analog audio dari microfon menjadi sinyal audio digital (Analog to Digital Converter) untuk selanjutnya di proses dan di kirim ke lawan bicara kita. Begitu juga sebaliknya, IC audio merubah sinyal audio digital menjadi sinyal audio analog  ( Digital to Analog Converter) untuk  selanjutnya di perkuat dan disalurkan ke speaker sehingga bisa kita dengar. Bila IC  ini rusak maka akan terjadi masalah pada system suara ponsel.

gallery/chrge

IC Charghing berfungsi mengontrol  kegiatan pengisian battery ponsel (Charging).  IC ini akan bekerja  pada saat pengisian di lakukan. IC inilah yang mengatur dan mengirim tegangan dari charger ke battery  dan dikendalikan oleh CPU.  Jadi bila IC ini rusak  maka ponsel akan mengalami masalah seperti tidak bisa  di cas, no charging, pengisian tidak normal, boros (bila terjadi short), dsb

gallery/kristal26

Crystal merupakan oscillator yang menghasilkan frekuensi 26 Mhz. Bisa di sebut Network Crystal  pembangkit frekuensi 26Mhz yang akan dip roses oleh  IC IF Signal Processor. Jika Kristal ini rusak maka ponsel akan mengalami masalah  seperti gagal melakukan panggilan, tidak ada sinyal, tidak bisa di nyalakan,ponsel mati sendiri, dll.

gallery/ph-cap-1s

Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi menyimpan energi listrik untuk sementara. Kapasitor banyak di gunakan sebagai filter dan juga kopling.

gallery/ph-r-1s

Resistor adalah komponen yang berfungsi menahan atau menghambat arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika. Satuan resistansinya di sebut Ohm. 

gallery/ph-d-1s

Dioda adalah komponen yang berfungsi menghantarkan arus listrik ke satu arah saja (Penyearah).

gallery/ph-ld-1s

LED adalah sejenis dioda yang bisa memancarkan cahaya dan mempunya macam-macam warna. dalam ponel LED di gunakan sebagai lampu pada keypad, kamera, dan juga LCD.

gallery/batt conns

Konector (Connector), komponen ini terlihat sepele walau sebernarnya berperan penting dalam setiap peralatan khususnya peralatan elektronik. Konektor yang berarti penghubung, berfungsi untuk menghubungkan suatu komponen ke suatu rangkaian atau komponen lainnya. Dalam ponsel banyak sekali konektor yang di gunakan untuk menghungkan beberapa perangkat ke mainboard.

gallery/cell

PCB adalah komponen yang di gunakan sebagai tempat untuk meletakkan, menata, sekaligus merakit komponen -komponen elektronika. PCB merupakan penghubung dari komponen yang satu ke yang lainnya. PCB, singkatan dari Printed Circuit Board yang berarti Papan Rangkaian Cetak.PCB juga mempunyai jenis yang berbeda-beda. Ada yang Single layer, Double Layer, dan Multi Layer. PCB ponsel termasuk yang MultiLayer karena terdiri dari banyak lapisan. 

gallery/vib1s

Vibrator adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan getaran. Alat ini berupa sebuah motor kecil dengan beban terpasang pada porosnya. Beban tersebut di buat tidak seimbang sehingga ketika berputar menimbulkan getaran. Alat ini akan bekerja ketika kita mengaktifkan isarat getar pada ponsel.

VIDEO BELAJAR ELEKTRONIKA

gallery/komponen smd
gallery/komponen lgkp
gallery/servis hp

ARTIKEL   UMUM

gallery/skema thmnl-001

Cara membaca skema

gallery/static thmnl-001

Bahaya listrik statis

gallery/usb thmnl-001

Tentang USB