gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen

Hasan | Komponen HP√

SPEAKER & BUZZER

Tentang speaker & buzzer

Speaker adalah  alat atau komponen yang berfungsi mengubah sinyal audio menjadi suara. Lalu bagaimana dengan speaker pada ponsel, apakah sama seperti speaker-speaker biasa yang di gunakan pada peralatan elektronik lain seperti TV, Radio, Sound system, dsb? Tentu saja iya, speaker pada ponsel tidak jauh beda dengan speaker-speaker pada umumnya. Cara kerjanya pun sama yaitu ketika sinyal audio diterapkan ke kumparan suaranya, maka  kumparan kawat  tersebut akan bergerak maju mundur dan menyebabkan getaran pada diafragma yang melekat pada koil sehingga menghasilkan gelombang suara.

Perbedaan speaker ponsel dengan speaker lain hanyalah bentuk dan ukurannya, yang mana speaker hp berukuran jauh lebih kecil karena ukuran ponsel juga kecil.

 

Lalu apa yang di maksud dengan Buzzer?

Apakah Buzzer sama dengan Speaker?  Buzzer yang berarti lonceng atau bel, sedangkan Buzzer listrik adalah komponen elektronika yang mengubah sinyal listrik menjadi getaran suara. Umumnya Buzzer sering digunakan pada Alarm keamanan seperti anti-maling misalnya, juga alarm pada Jam Tangan, Bel Rumah, dsb. Jenis Buzzer yang sering digunakan adalah jenis Piezoelectric, karena Buzzer Piezoelectric ini lebih murah, ringan dan lebih mudah di gabungkan ke Rangkaian Elektronika lainnya. Buzzer jenis ini juga sering disebut dengan Beeper. Pada ponsel, kata Buzzer ini di pakai karena speaker pada ponsel hanyalah di perlukan untuk membunyikan suara-suara peringatan seperti nada dering panggilan masuk, nada pesan, ataupun alarm. Seiring dengan kemajuan, ponsel mulai di lengkapi fitur-fitur lain yang salah satunya yaitu pemutar musik.   Dan tidak sedikit produsen yang mulai melengkapi ponsel mereka dengan pengeras suara yang lebih kuat ,bahkan ada yang menggunakan  sepasang speaker untuk reproduksi stereo yang akurat. Jadi, buzzer hp jaman sekarang adalah speaker biasa.

 

Ada dua jenis speaker pada ponsel yaitu buzzer speaker dan earpiece speaker. Buzzer speaker yaitu seperti yang sudah di jelaskan, di gunakan untuk nada dering, alarm ataupun panggilan suara dengan loud speaker. Ukurannya lebih besar daripada earpiece speaker dan biasanya di tempatkan di bagian bawah atau belakang ponsel.

 

Sementara earpiece speaker di tempatkan di bagian atas layar LCD dan di gunakan untuk mendengarkan suara lawan bicara kita pada saat menelpon.

Namun ada juga ponsel yang hanya menggunakan satu speaker dan di fungsikan sebagai buzzer sekaligus earpiece dengan cara mengatur sinyal audio yang masuk ke speaker tersebut.

gallery/beeper
gallery/buzzers
gallery/ears