gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen

Hasan | Komponen HP √

IC ponsel

    IC singkatan dari Integrated Circuit, bisa juga disebut dengan chip,  komponen ini  terdiri dari  rangkaian elektronika yang sangat kecil dan di kemas dalam satu potongan. Sesuai namanya Integrated Circuit yang berarti rangkaian terpadu. Setiap rangkaian elektronik pasti terdiri dari gabungan beberapa komponen. Begitu juga dengan IC terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan bisa jutaan komponen seperrti Transistor, Dioda, Resistor, Kapasitor, dan sebagainya  yang di padukan menjadi suatu dalam sebuah kemasan kecil.     

     

    Di dalam ponsel terdapat banyak sekali IC dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh beberapa IC ponsel yang perlu kita ketahui                                    

    IC PA (Power Amplifier) 

    Sebagai penguat akhir sinyal.  IC PA inilah yang bertugas memperkuat sinyal pengirim data sehingga ponsel dapat tehubung ke operator. Pada saat melakukan panggilan IC PA ini akan memancarkan sinyal  ke tower terdekat  dan di teruskan ke operator sampai  akhirnya dapat di terima oleh lawan bicara.

    gallery/pa

    Bila PA rusak maka akan muncul masalah-masalah seperti : tidak ada sinyal, Sinyal keluar kemudian hilang,  sinyal ada tapi tidak bisa transmit, dsb. IC PA juga mendapat supply tegangan dari battery sehingga kalau PA aus, maka akan terjadi panas berlebih dan boros battery. Bahkan bila IC ini short (hubungan pendek) maka ponsel akan mati karena juga terjadi short pada plus (+) dan minus (-) battery.

    IC RF

    Ic ini merupakan prosesor sinyal yang berfungsi memproses atau mengolah sinyal. Banyak sekali tugas dari IC ini karena di dalamnya terdapat banyak bagian-bagian seperti  IF, Osilator, Mixer,Detektor, Enkoder, Dekoder, dan banyak lagi, sehingga IC RF ini bisa mengolah sinyal, mencampur, merubah frekuensi, dan banyak lagi tugas lainnya. Intinya IC RF merupakan pusat pengendali dan pengontrol sinyal  RX dan TX . Bila IC ini rusak maka ponsel akan mengalami masalah seperti: Tidak ada jaringan, Mencari jaringan, Keluar salah satu jaringan, Restart, bahkan bisa Mati Total (Matot).

    gallery/rf

    CPU (Central Processing Unit)

    CPU ini merupakan otak dari pada ponsel. CPU inilah yang mengatur segala kegiatan system ponsel. CPU inilah yang menerima perintah dari pengguna seperti  input yang dimasukkan dari tombol keypad dan kemudian memproses perintah tersebut . CPU jugalah yang member perintah-perintah pada IC atau bagian-bagian lain sehingga mereka bekerja sesuai tugasnya masing-masing.

    gallery/cpu

    Pokoknya IC CPU ini merupakan pusat pengendali seluruh kegiatan ponsel.  Dengan demikian bila CPU bermasalah maka bisa jadi ponsel tidak dapat di gunakan karena perangkat-perangkat di dalamnya tidah menerima perintah apa-apa termasuk perintah dari pengguna. Masalah-masalah lain bisa terjadi misalnya seperti : Hang, Blank, Lemot, atau mati total.

    IC Power

    Berfungsi untuk mensuplai dan membagikan tegangan pada tiap-tiap komponen yang memerlukannya. IC ini yang mengatur atau menyesuaikan tegangan baterai sehingga sesuai dengan kebutuhan tiap komponen dalam ponsel.

    gallery/power

    Bila IC power ini rusak kemungkinan besar ponsel akan mati. Tapi jika terjadi masalah lain misalnya corrupt atau putus jalur, maka masalah yang timbul akan beragam tergantung dari jalur mana yang putus. Misalnya IC Power ini putus di jalur bagian SIM, maka ponsel akan mengalami “ Insert SIM”.  Jika putus di jalur RF, maka ponsel akan mengalami masalah sinyal, dan begitu juga dengan bagian-bagian lain akan bermasalah jika tidak mendapat suplai tegangan dari IC Power. Jadi peran IC Power ini sangatlah penting.

    gallery/audio

    IC Flash

    IC ini berfungsi sebagai tempat  software  untuk sistem operasi yang berisi data-data software ponsel. Data-data yang disimpan seperti type ponsel, versi, konten menu, paket bahasa, nada dering, dsb.  IC ini merupakan media penyimpanan data pada ponsel yang tidak permanen

    sehingga data pada IC Flash ini dapat di ubah (di upgrade/ downgrade) melalui  program software yang tersedia.

    gallery/flash

    IC ini berfungsi seperti hard-disk pada komputer. Jadi bila IC Flash rusak maka ponsel akan mengalami masalah seperti  Restart,  hang, Tiba-tiba hp mati, Salah satu /beberapa data hilang  dari menu, Blank, dsb bahkan bisa mati total.

    IC RAM

    Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnyasementara. IC ini bekerja tergantung pada arus listrik yang terdapat dalamnya. Ketika ponsel dimatikan, arus akan hilang dan data yang terdapat dalam IC tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Komponen ini sangat erat hubungannya dengan aktifitas CPU. Bisa di bilang  komponen ini adalah pembantu CPU karena semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin baik kinerja  CPU. Jadi bila IC RAM ini rusak maka CPU tidak akanbisa bekerja.

    gallery/ram

    IC Charging

    Berfungsi mengontrol  kegiatan pengisian battery ponsel (Charging). IC ini akan bekerja  pada saat pengisian di lakukan. IC inilah yang mengatur dan mengirim tegangan dari charger ke battery  dan dikendalikan oleh CPU.  Jadi bila IC ini rusak  maka ponsel akan mengalami masalah seperti tidak bisa  di cas, no charging, pengisian tidak normal, boros (bila terjadi short), dsb

    gallery/chrge

    Itulah contoh beberapa IC ponsel yang perlu kita ketahui sebelum mulai belajar memperbaiki ponsel.

    Mohon maaf bila ada kekurangan. Halaman ini sewaktu-waktu bisa kami perbarui.