gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen

Hasan | Lain lain √

    Jack

    Jack  merupakan konektor yang  sudah sangat umum dan di kenal banyak orang.  Alat ini  berperan penting  khususnya  dalam aplikasi audio. Jack selalu digunakan untuk aplikasi seperti gitar, mikrofon, headphone, power amplifier,  bahkan headset pada komputer dan ponsel juga memerlukan jack agar sinyal audio dari ponsel atau komputer tadi bisa terhubung ke headset. Jadi jack adalah konektor yang di gunakan untuk menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lainnya baik itu perangkat audio, video, dsb.  Mengingat fungsinya yang beragam, maka muncul beragam jenis jack dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Bagi sobat-sobat soundman pasti sudah kenal dengan semua  jenis jack. Namun bagi sobat yang baru belajar elektronika mungkin belum banyak mengenal jenis-jenis jack. Berikut ini adalah contoh beberapa jenis jack yang umum di gunakan dalam aplikasi audio.

    Konektor Jack 1/4-inci

    jack 1/4 "(6.35 mm) atau jack standar ini merupakan konektor yang paling umum di gunakan dan Ini adalah tipe jack pertama dan masih banyak digunakan untuk aplikasi termasuk gitar , amplifier, dan juga mikrofon. Jack mono (saluran tunggal) mempunyai satu lingkaran hitam yang merupakan isolasi dan berfungsi sebagai pemisah antara signal dan ground. 

    Jack ini juga di sebut Jack phone, Jack 6.3mm,Jack gitar, atau Jack biasa.

    gallery/mono akai1s

    Jack balanced atau Jack stereo 1/4-inch

    Jack ini mempunyai ukuran yang sama seperti  jack 1/4 "(6.35 mm) atau jack standar . Bedanya hanyalah jack ini bisa membawa dua saluran terpisah (Stereo). Jack ini mempunyai dua cincin pemisah antara Tip, Ring, dan Sleeve (TRS).  Konektor stereo ini paling umum di gunakan pada stereo headphone, keyboard, mixer, dan lain sebagainya. 

    Jack ini juga di sebut Stereo 1/4 , Jack TRS, Jack balanced 1/4.

    gallery/st akai1s

    Minijack Mono

    Jack kecil Ini sejenis Jack 3.5mm tapi hanya mempunya satu saluran (mono) . Ciri cirinya ialah mempunyai satu gelang pemisah antara signal dan ground.  Konektor jenis ini sudah jarang di pakai walaupun kadang masih di perlukan. Jack ini biasanya di gunakan pada perangkat audio model lama yang  salurannya  tunggal(mono), contohnya seperti mono tape recorder, pesawat radio, Tv model lama, dsb.

    gallery/mini mon1s

    Minijack Stereo

    Jack kecil ini sekarang  umum di gunakan dan selalu kita temukan pada perangkat-perangkat seperti, stereo headphone, headset computer, MP3 player, dll. Konektor ini  ukurannya 3.5mm (1/8 ″). Dan juga bisa membawa dua saluran terpisah (Stereo). Jack ini juga mempunyai dua cincin pemisah antara Tip, Ring, dan Sleeve (TRS) dimana saluran kiri dan kanan dibawa oleh ujung dan cincin sementara bagian pangkal sebagai  ground. Jack ini juga di sebut Minijack (Stereo), Jack 3.5mm, Jack1/8, jack headphone, dsb.

    gallery/mini st1s

    Jack TRRS

    Konektor jack ini  totalnya memiliki empat jalur yaitu Tip, Ring, Ring, Sleeve (TRRS) .Jack ini biasanya di pakai pada headset ponsel.  Ada beberapa standar konfigurasi pin untuk jack ini. Contoh di bawah ini adalah konfigurasi pin audio yang umum di gunakan oleh banyak produsen ponsel.

    gallery/ctia1s
    gallery/omtp1s

    Konektor RCA

    Colokan atau jack RCA ini pasti sudah tidak asing bagi siapapun. Jack ini sudah umum di gunakan pada perangkat-perangkat Hi-Fi dan juga perangkat audio video rumahan.  RCA  (Radio Corporation of America) , konektor ini umum di gunakan sebagai penghubung antar perangkat dan biasa kita temukan pada interface audio baik pada bagian input maupun output.  Untuk saluran stereo, jack ini biasanya berwarna merah untuk kanan, dan putih untuk kiri. Pada peralatan seperti DVD Player, jack ini biasanya di warnai kuning untuk jalur video. 

    gallery/rca1s

    Konektor XLR

    Konektor atau jack XLR adalah jenis konektor balanced  yang biasa digunakan dalam banyak aplikasi audio pro. Konektor ini mempunyai jumlah pin yang bervariasi tapi yang paling umum digunakan dalam aplikasi audio adalah yang 3 pin.  Jack ini awalnya diproduksi oleh Cannon Electronics,. Versi awal yaitu Cannon X , konektor tanpa pengunci. 

     

    Kemudian di buat  Cannon XL yang mempunyai pengunci dan yang ketiga Cannon XLR dan sampai sekarang konektor ini dikenal dengan XLR.Jack ini memberikan koneksi yang sangat bagus dan aman sehingga di pakai oleh hampir semua peralatan audio pro. Konektor ini biasanya kita temukan pada interface perangkat audio seperti mixer, equalizer, effect, power amplifier, dan sejenisnya. Bahkan kabel mikrofon juga menggunakan konektor XLR ini. 

    gallery/xlr1s

    Konektor Speakon

    Sebagian orang mungkin masih menggunakan jack standar ¼ inchi untuk menghubungkan speaker ke power amplifier. Tapi jack tersebut tidak di rancang untuk penggunaan seperti itu. Konektor Speakon adalah pilihan tepat  untuk koneksi amplifier  atau loudspeaker.  Konektor ini dirancang untuk beroperasi pada pengeras suara dengan arus tinggi dan induktif.  Berbeda dengan jack biasa, jack ini punya banyak keunggulan,  koneksi stabil, mampu menangani arus yang lebih tinggi, konduktor tertutup sehingga lebih aman, dan banyak lagi keunggulan yang lain.  Jack ini juga punya banyak macam dan versi. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan.

    gallery/speakon1s

    Sekian dulu pengenalan jack audionya ya? Artikel ini akan kami perbarui seiring perkembangan. Terima kasih.