gallery/new logo
https://www.youtube.com/playlist?list=PLtZXrYwBa0TQN1fgZaJil3BZ_znbY4fta
gallery/hs
gallery/lebaran anak

Hasan | Alat servis √

POWER SUPPLY
gallery/ps1a1s

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap peralatan elektronik membutuhkan energy listrik agar bisa bekerja. Power supply adalah perangkat yang  berfungsi sebagai penyuplai energy listrik ke perangkat-perangkat  yang lain. 

 

Sumber listrik yang kita miliki umumnya berasal dari jaringan listrik PLN yang tegangannya rata-rata 220V. Sementara komponen elektronika tidak semuanya bisa menerima tegangan sebesar itu dan tegangan yang mereka butuhkan juga berbeda-beda. Di sinilah tugas power supply untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

Walau demikian, alat ini juga tetap membutuhkan sumber energy. Power supply mengambil sumber energi dari jala jala listrik PLN kemudian mengolahnya sehingga energy listrik tersebut bisa di bagikan ke perangkat-perangkat yang membutuhkan. Umumnya power supply memiliki tegangan input AC dan menghasilkan output DC dengan tegangan yang lebih rendah. Namun ada juga sebagian power supply yang menghasilkan tegangan output lebih besar daripada inputnya.

Klasifikasi 

Secara umum Power Supply dapat di bagi menjadi tiga kelompok yaitu berdasarkan fungsinya, berdasarkan bentuk dan penempatannya, dan berdasarkan sistem K onversinya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Berdasarkan Fungsinya

 

Berdasarkan fungsinya, power supply juga mempunyai jenis yang berbeda diantaranya yaitu: Regulated Power Supply, Unregulated Power Supply dan Adjustable Power Supply.

 

Regulated Power Supply

adalah Power Supply yang mempunyai system regulator penyetabil sehingga dapat menjaga kestabilan tegangan ataupun arusnya dan tidak mudah terpengaruh oleh perubahaan beban atau sumber inputnya.

 

Unregulated Power Supply

adalah Power Supply yang tidak mempunyai penyetabil sehingga tegangan ataupun arusnya dapat berubah ketika terjadi perubahan pada beban atau sumber listriknya.

 

Adjustable Power Supply

adalah Power Supply yang tegangan atau arusnya dapat di rubah dan diatur sesuai kebutuhan. Power supply jenis ini juga ada yang mempunyai penyetabil (Regulated) dan ada yang tidak punya penyetabil (Unregulated).

gallery/ps21s
gallery/ps11s
2. Berdasarkan Bentuk dan penempatan

 

Di dalam peralatan Elektronik seperti Televisi, Komputer, DVD Player, dsb juga terdapat Power Supply. Tapi power supply yang ini  sengaja di rancang untuk di tempatkan di dalam perangkat bahkan ada yang menyatu dengan mesin perangkat tersebut. Power Supply  ini termasuk built in power supply atau power supply internal. 

 

Namun ada juga peralatan elektronik yang mempunyai power supply terpisah dan berada di luar. Power Supply tersebut termasuk stand alone power supply contohnya seperti Charger laptop, Charger ponsel, Adaptor untuk peralatan music seperti keaboard, effect, dan masih banyak yang lainnya. 

gallery/builtin1ss
gallery/stn alone1s
3. Berdasarkan sistem Konversinya
 

Berdasarkan cara konversinya power supply juga dapat dibedakan menjadi dua yaitu power supply linier dan power supply switching.

 

Power supply linier

Yaitu jenis power supply yang mengkonversi tegangan listrik secara langsung dari inputnya.

Power supply switching

Yaitu power supply yang mengkonversi tegangan input terlebih dahulu ke pulsa AC atau DC.

Jenis-jenis power supply

Selain pengelompokan diatas, Power Supply juga dapat di bagi menjadi beberapa jenis diantaranya ialah:

 

DC Power Supply

AC Power Supply

Switch Mode Power Supply

Programmable Power Supply

Uninterruptible Power Supply

High Voltage Power Supply

 

Berikut adalah penjelasannya

DC Power Supply

DC Power Supply adalah jenis power supply  yang menghasilkan arus DC atau searah. Power supply ini mempunyai polaritas Positif (-) dan Negatif (+)pada outputnya.

 

AC Power Supply

AC Power Supply adalah power supply yang mengubah suatu taraf tegangan AC ke taraf tegangan lainnya. Contohnya seperti tegangan AC 220V ke 110V  atau sebaliknya.

Switch Mode Power Supply (SMPS)

Power Supply ini langsung menyearahkan dan menyaring  tegangan Input AC menjadi DC. Kemudian tegangan tersebut di switch dengan sebuah rangkaian  frekuensi tinggi sehingga dapat mengaktifkan trafo dan menghasilkan tegangan output.

gallery/smps

Programmable Power Supply

Yaitu  jenis power supply yang pengoperasiannya dapat dikendalikan dengan remote control melalui interface Input analog maupun digital.

gallery/progps1s
gallery/ups1s

High Voltage Power Supply

Ini adalah jenis power supply yang dapat menghasilkan tegangan tinggi mulai dari ratusan bahkan sampai  ribuan volt. Power Supply ini biasanya digunakan pada Sinar X ataupun peralatan lain yang memerlukan tegangan tinggi.

gallery/high voltage1s

Demikian uraian singkat tentang power supply semoga bermanfaat. Terima kasih.

VIDEO BELAJAR ELEKTRONIKA

gallery/belajar elektronika komplit
gallery/komponen lgkp

ARTIKEL   UMUM

gallery/skema thmnl-001

Cara membaca skema

gallery/static thmnl-001

Bahaya listrik statis

gallery/usb thmnl-001

Tentang USB