gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen

Hasan | Lain lain √

USB

gallery/symbusb1s

USB (Universal Serial Bus) adalah media atau perangkat  yang di gunakan untuk menghubungkan  komputer dengan perangkat-perangkat  lainnya . Perangkat-perangkat seperti Printer, Scanner,  Modem, Camera, Ponsel, Flash Disk, dan banyak lagi yang lainnya semua itu bisa di hubungkan ke komputer melalui USB.  Bahkan Mouse & Keyborad pada komputer itu sendiri sekarang sudah bisa terhubung melalui USB.

 

 Teknologi ini sangat besar manfaatnya dan dapat kita rasakan sampai sekarang. Melalui USB kita bisa melakukan banyak hal seperti mentransfer data baik itu berupa gambar, video, musik, atau file penting lainnya dari komputer ke ponsel atau flashdisk dan sebaliknya.  Teknologi USB ini dikembangkan di sekitar  tahun 1990an dan sampai sekarang  tetap di gunakan bahkan sudah menjadi standar untuk hampir semua peralatan elektronik  termasuk ponsel.  Bukan hanya itu, sekarang USB juga di manfaatkan sebagai koneksi pengisian battery (Charger)  pada ponsel dan beberapa peralatan elektronik lainnya.

Perkembangan versi

Mulanya USB di buat hanya untuk mempermudah koneksi antara komputer dengan perangkat –perangkat seperti printer, scanner, dll  sehingga dapat menggantikan beberapa jenis konektor yang terdapat pada komputer. USB Versi pertama memiliki kecepatan transfer data hingga 1,5 Mbit/s. Namun seiring dengan waktu USBpun terus berkembang dan muncul USB versi-versi baru dengan kecepatan transfer yang lebih tinggi. Saat ini kecepatan USB bisa mencapai 20 Gbit/s.

gallery/tblusb1s

Model system transfer USB

Terdapat 4 cara atau model transfer data/informasi pada USB  dalam melakukan komunikasi dengan komputer. 

 

1. Interrupt Transfer 

Transfer jenis ini di gunakan untuk  perangkat-perangkat  dengan transfer data kecil secepat mungkin (immediate). Peralatan yang menggunakan transfer jenis ini  di antaranya mouse dan keyboard.

 

2. Bulk Transfer 

Transfer jenis ini di gunakan untuk  perangkat-perangkat  dengan transfer data yang  besar contohnya seperti Printer.

 

3. Isochronous Transfer 

Jenis transfer ini digunakan untuk pemindahan  atau streaming data secara cepat dan real ime, contonya seperti webcam.

 

4. Control Transfer

Digunakan untuk mentransfer informasi kontrol sambil mengidentifikasi sekaligus mengkonfigurasikan perangkat yang terhubung.

Transaksi USB

Dalam satu kali transaksi, USB dapat mengirimkan 3 paket informasi yaitu 

 

Token Packet,

yaitu paket yang selalu dikirimkan oleh Host.

 

Data Packet,

yaitu paket yang dapat dikirimkan oleh Host maupun perangkat.

 

Handshake Packet,

yaitu paket yang berisikan informasi tentang sukses atau gagalnya penerimaan paket data. 

Sistem Arsitektur USB

Melalui USB komputer bisa di posisikan sebagai  host. beberapa perangkat dapat  terhubung ke komputer namun hanya satu host yang mengendalikan. Host berfungsi sebagai Master sedangkan Perangkat  Peripheral sebagai Slave. USB dapat mendukung hingga 127 perangkat sekaligus.  USB mempunyai empat pin yang terdiri dari dua pin sebagai  sumber daya dan ground,  sedangkan yang dua pin lagi  untuk transmisi data.

Keunggulan USB

 

Mudah digunakan

USB mempermudah kita dalam menghubungkan berbagai perangkat ke komputer  tanpa perlu kabel tertentu perangkat sudah bisa terhbung ke komputer dan USB dapat melakukan konfigurasi secara otomatis.

 

Kecepatan tinggi

USB memiliki kemampuan untuk trasfer data dengan sagat cepat hingga 20Mbit/s.

 

Hemat biaya

penggunaan USB sudah  sangat luas, Banyak sekali peralatan-peralatan  baru yang bisa langsung dihubungkan ke komputer melalui USB.  Kabel-kabel USB pun juga diproduksi secara massal dengan harga yang relatif murah. Jadi kita bisa membelinya kapan saja.

 

Hemat energi

USB lebih hemat daya kerena  mengkonsumsi arus listrik  kecil dan tegangan  rendah yaitu sekitar 5V .

Macam-macam konektor USB

Tipe A

Konektor USB Tipe A ini sangat umum, berbentuk persegi panjang dan sudah biasa  terpasang  pada tiap komputer. Beberapa peralatan elektronik lainnya juga ada yang memiliki konektor USB tipe A.

gallery/usbprta1s

Mini USB

Konektor Mini USB ini banyak digunakan pada perangkat –perangkat seperti ponsel dan juga kamera. Bentuk Konektor Mini USB ini lebih kecil dari Konektor USB Tipe A ataupun Tipe B.  Tapi sekarang jenis ini sudah jarang di gunakan karena sudah banyak yang beralih ke Micro USB.

gallery/mini1s

Micro USB

Jenis inilah yang paling banyak digunakan pada perangkat- perangkat portable sampai saat ini. Hampir semua produsen mengadopsinya. Konektor Micro USB ini juga memiliki dua jenis  yaitu Micro USB A dan Micro USB B.

gallery/micro1s
gallery/microab1s

Tipe B

Konektor USB Tipe B berbentuk bujur sangkar dengan sedikit lekukan di kedua sudut atas. Tipe B ini biasanya digunakan pada Printer dan juga Scanner.

gallery/usbprtb1s

Tipe C

Merupakan jenis Konektor USB yang dapat dipasangkan terbalik (reversible).  Dan  saat ini sudah banyak  perangkat-perangkat sperti Smartphone,Tablet dan juga Laptop yang menggunakan Konektor USB Tipe C.

gallery/typec1s