gallery/new logo
gallery/lebaran anak
gallery/hs

Hasan | Peralatan & Tutorial√

MERAKIT ADAPTOR SEDERHANA - NON CT
Pengertian adaptor

Adaptor artinya penyesuai, kata ini banyak di gunakan untuk alat-alat yang mempunyai fungsi sebagai penyesuai atau penghubung suatu perangkat yang tidak bisa di hubungkan secara langsung.. Salah satu dari alat-alat tersebut  ialah AC-DC Adaptor yang akan kita rakit sekarang. AC-DC Adaptor  adalah peralatan yang digunakan untuk menurunkan dan merubah tegangan listrik AC di rumah, yang tegangannya 220V menjadi DC, dengan tegangan beberapa Volt sesuai kebutuhan. Dengan demikian kita bisa menggunakan Adaptor tersebut sebagai catu daya untuk perangkat-perangkat elektronik yang membutuhkannya.  Adaptor yang akan buat kali ini sangat sederhana dengan komponen utama berupa trafo dan beberapa komponen pengdukung lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mudah di toko-toko sparepart elektronika. Bagaimana cara mebuatnya, berikut ini langkah-langkahnya.

Cara meraki adaptor sederhana

Untuk merakit sebuah Adaptor kita harus tentukan dahulu berapa amper adaptor yang akan kita buat. Kali ini kita akan merakit Adaptor sebesar 1A dengan tegangan output 12V. Ada dua jenis trafo yang bisa kita gunakan yaitu trafo CT dan non CT. Kali ini kita pilih trafo non CT. Adapun bahan-bahan lengkapnya ialah sebagai berikut :

1  Sebuah Trafo 1A, 12V non CT seperti pada gambar.

gallery/sekunder

2. Empat buah diode biasa (Rectifier) sebesar 1A

gallery/diodas

3. Sebuah Elko (Kondensator Elektrolit) yang kapasitansinya 2200µf / 16V. Jika anda ragu dengan kualitas elko yang anda beli, sebaiknya pilih yang kapasitansinya lebih besar lagi misalnya 3300µf atau di atasnya dan voltnya juga yang lebih seperti 25V misalnya. Karena sekarang banyak sekali elko yang kualitas abal-abal dan biasanya tidak murni. Tapi elko yang bagus biasanya bisa di ketahui dari harganya yang memang lebih mahal.

gallery/elco

4. Sebuah LED (Light Emiting Diode)

gallery/led

5. Sebuah Resistor yang nilainya antara 100Ω sampai 1KΩ dalam contoh ini kita pilih 560 KΩ.

gallery/resistor

6. Sebuah Power Cord 

gallery/chord
Cara merakit

Hubungkan ke empat diode satu dengan lainnya sehingga membentuk rangkaian jembatan (Bridge). Perhatikan gambar di bawah.

gallery/step1
gallery/diode polarity

Hubungkan output 0 (Nol) pada trafo ke salah satu kaki diode yang terhubung antara katoda dan anoda. Juga hubungkan output 12V pada trafo ke kaki diode yang lain yang juga terhubung antara katoda dan anoda seperti terlihat pada gambar.

gallery/step2

Hubungkan kaki plus elko, yang biasanya kaki plus lebih panjang dan tidak di beri tanda pada bodinya, hubungkan kaki tersebut ke salah satu kaki diode yang terhubung antara katoda dan katoda. . Juga hubungkan kaki minus elko yang biasanya lebih pendek dan ada tanda pada bodi elkonya. Hubungkan kaki tersebut ke kaki diode yang lain yang terhubung antara anoda dan anoda seperti terlihat pada gambar.

gallery/step3

Hubungkan kaki plus LED yang juga biasanya lebih panjang, di hubungkan ke kaki plus elko atau ke kedua katoda diode yang merupakan DC outpt dari adaptor ini. Jangan lupa hubungkan LED melalui resistor yang sudah kita siapkan tadi. Juga hubungkan kaki minus LED sejalur dengan kaki minus elko seperti terlihat pada gambar.

gallery/step4

Hubungkan kabel power cord ke input 0 dan 220V pada trafo. Bagian ini sebaiknya di isolasi karena berhubungan langsung dengan 220V AC

gallery/step5

Sekarang adaptor siap di gunakan. Jangan lupa lakukan perakitan dengan hati-hati dan teliti. Tempatkan rangkaian dalam box yang aman atau yang khusus untuk power supply adaptor

Sebelum di pakai, lakukan pengkuran tegangan DC output adaptor untuk memastikan apakah tengangan sudah sesuai.

gallery/step6

Demikan contoh cara merakit adaptor sederhana dengan menggunakan trafo on CT. Untuk cara merakit adaptor dengan trafo CT bisa and abaca di artikel yang lain. Terima kasih dan selamat mencoba.

VIDEO BELAJAR ELEKTRONIKA

gallery/belajar elektronika komplit
gallery/adaptor

ARTIKEL   UMUM

gallery/skema thmnl-001

Cara membaca skema

gallery/static thmnl-001

Bahaya listrik statis

gallery/usb thmnl-001

Tentang USB