gallery/sign1s
gallery/-light-blue-wallpapers-background-01
gallery/video3
gallery/schm-thmnl-play
gallery/belajar hp-1s
gallery/video komponen
KAPASITOR DAN JENIS JENISNYA

Hasan | Komponen Elektronika √

gallery/types
    Kapasitor

    Komponen ini sangat penting sehingga hampir semua  perangkat elektonik menggunakan kapasitor. Peralatan seperti TV, Radio, Komputer, bahkan kipas angin pun menggunakan kapasitor.Kapasitor atau yang disebut juga dengan Kondensator adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik selama waktu  yang tertentu. Kondensator memiliki kapasitansi yang di hitung dengan satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. 

    gallery/symblss

    Symbol Kapasitor

    Cara kerja kapasitor cukup sederhana yaitu ketika  listrik dialirkan menuju ke kapasitor  maka kapasitor akan terisi sampai penuh.Saat kapasitor penuh muatan listrik, maka kapasitor tersebut akan mengeluarkannya, dan kembali mengisinya lagi seperti awal. Proses ini berulang terus-menerus dan begitu seterusnya.

     

    Pada umumnya kapasitor terdiri dari dua buah lempengan logam yang dipisahkan oleh bahan dielektrik / bahan yang tidak bisa dialiri listrik seperti, mika, gelas, keramik, dan lain sebagainya. Jika kedua ujung plat logam diberikan aliran listrik, maka muatan positif akan berkumpul pada ujuang plat yang satunya atau sebaliknya. Karena ada bahan dielektrik, maka muatan positif tidak  bisa menuju ke negatif, dan sebaliknya muatan negatif juga tidak bisa menuju ke positif. Muatan elektrik akan tersimpan selama tidak ada hubungan pada kaki-kaki kapasitor.

    Jenis jenis kapasitor

    Kapasitor mempunyai bentuk dan jenis yang bermacam-macam tergantung bahan dielektrik yang di gunakan untuk membuatnya. Berikut ini contoh beberapa jenis kapasitor.

    Kapasitor Keramik

    Adalah Kapasitor yang bahan pemisah (dielektriknya) terbuat dari Keramik. Umumnya berbentuk bulat tipis berwarna oranye, hijau, coklat, dll.  Kapasitor keramik ini tidak mempunyai polaritas, jadi dapat dipasang bolak-balik dan ini sangat umum di pakai pada rangkaian elektronika terutama rangkaian frekuensi tinggi. Adapun kapasitansinya tidak besar. Umumnya, berkisar antara 1pf sampai sekitar 0.01µF.

    Kapasitor Mika

    Kapasitor ini menggunakan bahan mika sebagai dielektriknya. Kapasitor ini sangat stabil, toleransinya rendah dan ketahanan terhadap suhunya juga sangat baik.  Kapasitor mika ini biasanya digunakan pada rangkaian dengan Frekuensi yang tinggi  seperti digunakan untuk Osilator RF, Filter, Kopling, dsb. Kapasitor mika tidak mempunyai nilai kapasitansi yang tinggi, kapasitansinya berkisar antara beberapa puluh piko farad sampai beberapa nano farad saja.

    Kondensator Polyester film

    Kapasitor ini biasa di sebut dengan mylar. Kapasitor ini bisa di bilang paling sering kita jumpai pada rangkaian elektronik. Bentuknya seperti permen persegi empat berwarna hijau, merah, coklat, dsb. Kapasitor polyester film ini termasuk jenis nonpolar sehingga bisa di pasang bolak balik. Kondensator Polyester ini umumnya memiliki nilai kapasitansi kurang lebih antara 100 pF sampai sekitar 2 uF dengan toleransi ± 5% dan tegangan sekitar 400 volt. Kapasitor ini memiliki kesetabilan yang cukup baik dan banyak digunakan pada rangkaian frekuensi rendah. Pada rangkaian audio seperti amplifier, equalizer, dan sejenisnya banyak sekali kita lihat kapasitor ini karena memang cocok untuk frekuensi rendah. Tapi  sering juga di pakai pada rangkaian frekuensi tinggi . Adapun pengembangan dari kapasitor ini yaitu type metalized polyester film / MKT.

    Kapasitor polypropylen

    Adalah kapasitor film yang  bahan dilektriknya sebagian dari polimer kristal polypropylene, Bahan ini merupakan dilektrik yang paling banyak digunakan untuk kapasitor daya maupun industri. Karena bahan polypropylene menyerap kelembaban lebih rendah di bandingkan Polyester film sehingga cocok untuk design terbuka.Hampir semua Kapasitor daya, dan kapasitor terbesar menggunakan polypropylene sebagai dielektriknya. Kapasitor ini digunakan untuk aplikasi frekuensi tinggi dan berdaya tinggi karena memiliki kesetabilan yang cukup.

    Kapasitor Kertas

    Ialah Kapasitor yang dibuat dari potongan logam foil  yang di sekat oleh kertas lilin sebagai bahan dielektrik. Lapisan lilin mencegah  kelembaban dan korosi. Kapasitor kertas biasanya memiliki kapasitansi  sekitar 300 pico sampai beberapa mikro farad. Tidak mempunyai polaritas sehinnga pemasangan bebas. kapasitor ini tergolong generasi lama dan sekarang sudah jarang digunkan lagi.

    gallery/ceramicss
    gallery/micass
    gallery/milarss
    gallery/polypropyliness
    gallery/paperss